Kamis, 29 Desember 2011

Telah Lahir ke Dunia ...

Setelah menunggu selama (hampir) sebulan, yang ditunggu2 akhirnya datang juga.  Puluhan ekor ikan2 berukuran sangat kecil pagi ini terlihat di kolam percobaan kami.  Semuanya adalah ikan Beunteur yang dinanti2 kedatangannya.
"Alhamdulillaaahhh" akhirnya Beunteur2 kecil menetas di kolam kami!!"

Pagi tadi, kami jadi punya tambahan kesibukan, lebih dari hari2 biasanya.  Biasanya kami hanya mengisi pagi hari dengan menyiapkan sarapan cacing2 batang pisang pada ikan2 Beunteur dan Paray di kolam.  Setelah itu, paling kami hanya memeriksa kebersihan kolam.  Lalu kami menikmati kopi pagi sambil memperhatikan gerak lincah ikan2 kami. 

Namun pagi tadi kesibukan kami bertambah.  Kami sibuk menyiapkan tempat bagi bayi2 Beunteur yang ditemukan pagi ini.  Karena tidak punya alat untuk menangkap ikan2 berukuran super kecil itu, maka kami pun alat penyaring dari sebatang bambu dan kain dari handuk bekas.  Puluhan ekor ikan Beunteur mini kami pindahkan ke tempat baru yang terpisah dari kolam indukan.  Hingga siang tadi jumlah ikan yg berhasil kami pisahkan sebanyak 31 ekor ikan.  Rumah baru ini pun kami lengkapi dengan tumbuhan air (jenis Hydrilla sp).  Tak ketinggalan pula sebuah aerator baru kami siapkan.  Rasanya memang spt punya bayi baru ...


Bagaimana bentuk bayi2 Beunteur kami itu, silakan lihat foto2 karya Mbah Wibowo Djatmiko di atas.  Foto2 tersebut aslinya kami unduh dari laman Wikipedia ini dan ini, serta dari laman lainnya.

3 komentar:

  1. Wah.... penyayang ikan nie,,,, bagi ilmunya donk mas....

    BalasHapus
  2. Gak tahu juga sih ... penyayang ikan atau bukan. Yang jelas sayang aja kalo ikan Beunteur harus punah dari sungai2 kita.

    Soal bagi ilmu kita di sini juga sedang coba2 cari dan belajar. Semua informasi yg ada di blog ini silakan digunakan jadi bahan belajar ...

    BalasHapus
  3. Wah mantap nih, akhirnya diperoleh juga larva-larva ikan itu. Hari Sabtu mau coba nengok ah...hehe

    salam dari Depok

    BalasHapus